Cara Memilih Busur Panah yg Baik

Sudah tidak diragukan lagi, teka-teki tentang trik memilih lung panah yang tepat, adalah salah satu problem yang paling sering ditanyain sama orang2 yang trendi mulai bermain panahan.

Termasuk kami semua dahulu. Agar lebih tetap dan tidak keliru.

Terselip beberapa trik dan hal penting nih yang pantas diperhatikan pada waktu Anda ingin membeli satu peralatan panahan.

Secara, panahan itu kan sebuah olahraga yang membutuhkan konsistensi serta ketekunan unit tinggi.

Bahwa Anda berfikir olahraga yang satu ini bisa dikuasai hanya beserta beberapa kali berhasil jelas mengenai bahan, berarti Dikau memiliki pengetahuan yang lengah.

Karena memanah tidak semudah kelihatannya.

Yaa mungkin pula ketika Dikau melihat seseorang bermain panahan, memang tampil sangat mudah, tapi belum tentu pada prakteknya.

Selain harus dapat mengatur segmen dari luar seperti petunjuk kecepatan bayu dan titis sudut.

Memanah juga membuthkan keterampilan pada settingan alat, maupun tekniknya, supaya Engkau bisa luar biasa menembakan pada setiap anak panahnya dengan dampak yang terbaik.

Gimana dapat hal ini tercapai kalo kita semata-mata menagndalkan tanda pinjeman mempunyai teman?

Akur walaupun tidak papa juga, tetapi lamun Anda berniat untuk mengamati bidang sports yang tunggal ini, jadi hukumnya tentu bagi Anda untuk memilikinya sendiri.

Tapi kalau dilihat melalui sisi yang lain, logistik yang dimanfaatkan dalam olahraga memanah pun bsia dibilang bukan kurang lebih yang sedikit.

Jadi pada setiap Anda ingin membeli salah satunya, Anda harus teliti di milih, mana yang terlalu dibutuhkan, dan mana yang sifatnya seharga sekedar untuk aksesoris.

Pada waktu semisal sudah biasa beli namun demikian ternyata tidak cocok, kan kalau dijual lagi pula kemungkinan besar nggak akan balik modal.

Nah, untuk awal-awal memang cara terbaik untuk mengetahuinya merupakan menggunakannya terlebih dahulu, sekadar coba-coba lah, bisa dengan meminjam mempunyai teman, atau punya union panahan.

Lazimnya sih segak ke konsorsium yah minjemnya. Karena jika di klub-klub memanah, lazimnya ada lebih banyak pilihan tolok ukur, maupun ukuran tarikan dari busur panahanya.

Jadi Dikau bisa nonblok memilih mana yang lebih tepat untuk Anda sendiri, dan umumnya yang senang itulah yang nantinya Anda bisa belanja.

Setelah Kamu memang sungguh memiliki panduan yang manatap untuk mengulas bidang olahraga ini, pertama-tama mulailah untuk berlatik teknik-tekniknya, sambal langsung mengimbanginya secara berlatih.

Nah, kalau ngerasa sudah medapati busur bahkan panahan yang cocok, baru deh Engkau bisa menebak-nebak beberpa sesuatu berikut, guna acuan ketika Anda ingin membeli satu buah set panahan.



#1 – Menentukan Implementasi Panahan
Menurut kami, sesuatu inilah yang menjadi sisi pertama yang harus diputuskan, apakah Engkau Pengguna Right Gripper, / Left Gripper.

Sebagian besar para pemanah yang tersedia di jagat adalah pemanah yang menggunakann tangan daksina (tangan kiri yang megang busur, dan tangan daksina yang memukau string).

Namun demikian bukan bermanfaat Anda kudu ikut-iktanan mana yang lebih banyak kok. Kesimpulannya kembali pada Anda sendiri, tangan mana yang kian nyaman dikenakan untuk memanah.

Selain tangan yang getol penting dalam memanah, pujaan juga jadi anggota awak lain yang sangat berlaku karena digunakan untuk menunjukkan sasaran.

Kolektif halnya dengan tangan, pemanfaatan mata pada memanah pun bisa menggunakan mata yang kiri (kidal).

Istilahnya ialah eye dominance, nah berikut juga baik lagi di Anda, lebih nyaman memakai yang mana?



#2 – Jenis gandi
Kalau segmen yang tunggal ini, kental sepenuhnya tentang masalah minat, dan sisanya masalah kiriman.??

Apabila dilihat dari harganya, dibidang panahan tersedia banyak sekali alternatif jenis gendewa yang bisa digunakan, contohnya seperti recurve bow, long bow, horsebow, compound, serta yang lain sebagainya.

Semua jenis-jenisnya, memiliki pakai minus-nya masing-masing.

Untuk perkara harga, gandi olympic recurve bow serta compound bow adalah spesies yang paling mahal dalam dunia memanah, hanya untuk starter kit-nya saja, dana yang dibutuhkan bisa cukup 10 juta ke atas.

Belum lagi bahwa Anda mengidamkan peralatan- peranti memanah yang terbaik segala, wah bisa-bisa habis puluhan juta.

Nah, untuk Kamu yang memiliki low budget. Tenang, Kamu tidak seorangan kok, disana masih banyak kok sosok yang memiliki budget yang sama, apalagi untuk orang-orang yang biasanya segar mau memulai hobi panahan.

Diantaranya, tersedia beberapa macam busur yang lumayan mantap kualitasnya, akan tetapi untuk gatra aspek harga, juga masih mampu menjadi usulan.

Hanya sekedar gambaran pangkat saja yah, jangan dikira apa-apa nih.



#1 – Standard bow

Sebenernya rupa yang wahid ini merupakan jenis recurve bow, akan tetapi dalam corak general-nya.??

Untuk harga panahannya, standard bow biasa menerima kisaran 3 juta, ini pun asesorisnya sudah sepadan lengkap.

Pada waktu hanya hanyalah busurnya selalu, kenanya dalam kisaran mutu 1, 6 juta.

Beberapa contoh panahan denga antaran yang sempurna lengkap, diantaranya:

Handle – Pegangan utama
Limbs – Bagian per pada panahan
String – Tali di dalam panahan
Tas panah
The arrow – Anak busur
Finger tab – Pemelihara jari
Arm guard – Pelindung tangan
Arrow rest – Teritori anak busur pada bagian menempel busur
Bow stringer – Alat sambungan yang diterapkan untuk menarik anak busur


#2 – Horse bow

Mungkin diantara para pembaca ada yang berfikir,.. jual busur panah “hmm panah kuda”, mungkin penunjuk yang digunakan sama aswa.

Yup, nggak salah-salah sungguh sih. Umumnya horse bow itu adalah sebuah penunjuk yang cocok apabila dimanfaatkan sambal menggandar kuda.

Pakcik ada tanda yang nggak cocok, bahwa sambal menyetir kuda? Jawabannya ada.

Nah, busur yang satu ini memiliki ciri-ciri ukuran yang relatif ringkas, walaupun siap juga yang berukuran jenjang.

Material yang seringkali dikenakan sebagai bahannya adalah, bamboo ataupun kayu.

Busurnya sendiri terdiri daripada 3 sesi utama, yakni handler lung, dustar (bagian lengan yang dapat menyimpang ketika gendewa ditarik), serta siyah (bagian kaku yang terdapat pada ujung-ujung busar, tempat untuk mengaitkan senar busur).

Kecuali itu, species panah yang satu ini juga seringkali disebut dengan busur reflex.

Kenapa? Pokok busur berikut, umumnya punya bentuk letter C pada belum dipasangkan dengan saluran.

Serta, pantas diregangkan terlebih dahulu pada ingin dipasangkan tali.

Daya dari gandi horse bow, bisa dianggap juga tak kalah mumbang busur yang lainnya, karena memiliki kelakuan potential per yang raksasa pula.

Nah, karena bilangan kekuatan dan efektifits saat panah horsebow, membuat penunjuk yang wahid ini semua banyak diinginkan oleh masyarakat, sehingga persediaannya seringkali kesimpulan.

Untuk memenuhi permintaan rekan yang terdapat, akhirnya karet produsen panahan membuat 1 buah busur yang mirip diantaranya horse bow, namun bahan yang digunakan berbahan fiber.

Diantaranya, pula ada yang terbuat dari PVC.

Terlebih, sekarang tidak segelintir juga panah horse bow yang terbuat oleh pembuat lokal. Jadi otomatis, harga panah yang ditawarkan pula termasuk amat murah.

Beberapa diantaranya tersedia yang sampai menjualnya secara harga 700 ribu yen.

Bahan yang digunakan ialah fiber dan kayu.

Yang mana lamun diperhatilkan, mutu tesebut telah cukup murah. Apalagi lamun sudah termasuk finger tab dan arm guard-nya.

Segelintir tambahan, untuk anak panahnya biasanya belum satu pangsa ketika Anda membelinya, tetapi umumnya bujang panah dijual secara terpisah.

Horsebow fiber

Ada soulusi lain nih kalau Kamu menginginkan horse bow yang lebih murah, yakni busar dengan material PVC (paralon).

Yang paling murah, horse bow dibandrol dengan martabat 450rb.

Tetapi kami nggak bisa mengasese loh ya, apa aja alat-alat yang ada dalam dalamnya, seminimal- minimalnya busur sama talinya lah yaa.

#3 – Busur Konvensional

Mirip menyerupai horse bow, material yang digunakan sama-sama kayu & bambu, perbedaannya ada dalam desainnya.

Lamun horse bow di design secara sempurna supaya damai dan gampang digunakan tatkala sambal berkuda, nah bahwa yang konvensional, hanya pada desain kolektif seperti panahan pada umumnya.

Harga yang di bandrol sekitar 650 ribu rupiah, belum tergolong aksesoris yang lain, seperti bani panah, finger tab, & arm guard.

#4 – Busur PVC

Bisa dibilang, busur ini lah yang paling murah diantara semuanya.

Namun demikian untuk kualitasnya, kami pun tidak menyarakan kalau Dikau benar-benar ingin menekuni sudut pandangan olahraga yang satu tersebut, lebih bagus Anda membeli standard bow yang sungguh lengkap beserta segala peralatannya.

Material handle yang dipakai pada lung PVC berbahan dasar atas kayu, adapun untuk limbs-nya yang umumnya digunakan ialah PVC yang diisi secara bambu.

Mutu yang dikasih oleh penjual umumnya berpendar antara 300-400 ribu yen.


#3 – Ukuran Gandi
Nah, tempat lainnya yang perlu diperhatikan adalah, tolok ukur riser terang, atau sahaja dikenal pun dengan busur.

Khususnya untuk “standard bow recurve ” dan “olympic style recurve “, mulai berbagai jenisnya, beberapa diantaranya ada ukuran busur tertentu yang bisa disesuaikan secara postur awak.

Yap bukan lain karena postur tubuh lah yang akan mempengaruhi seberapa berjarak tarikan yang dibutuhkan(draw length).

Nah, draw length inilah yang dengan menjadi contoh Anda, untuk memilih mana ukuran busur yang tepat untuk digunakan.



#4 – Berat Pungutan (Draw Weight)
Nah, kealpaan yang tertinggi terjadi pada seseorang membeli panah ialah, membeli tanda yang luar biasa berat, tujuannya biar gak perlu beli-beli lagi.

Kiranya awalnya Anda berpikir mau terbiasa nantinya, tapi bukan pada kenyataannya.

Hal itu pula yang biasanya berlangsung untuk Anda yang sedang pemula, beberapa diantara abdi juga melakukan hal itu dulu, serta hasilnya bukan memuaskan menyerupai ekspektasinya.

Kenapa? karena saat tahap prolog belajar panahan, hal yang paling yang utama adalah menelaah teknik.

Nah, kalau tubuh kita saja perlu jual beli yang lampiran hanya sekedar untuk memikat string, rupanya teknik yang diperhatikan, sekiranya nantinya mau kesusahan sendiri ketika ingin menembak.

Belum lagi ketelitian tembakan yang dilepaskan pun bakal hancur-hancuran, dikarenakan perkara untuk menggarap kekuatan tarikan.

Tenang, nggak usah rendah kalau semisal Anda merupakan seorang perwira yang kualitas kalau lamun cuma mempesona busur secara kapasitas 20 lbs.

Sesuatu itu sudah wajar mengapa, karena otot yang dimanfaatkan untuk memanah, adalah otot yang rongak digunakan sehari-hari pada aktifitas biasanya.

Lumayan catatan nih ya, latihan memenag ini membuthkan stabilitas dan ketegaran yang sempurna, dan latihannya bisa mencapai berbatas berjam-jam.

Kan percuma kalau punya lung draw weight dengan tarikan yang besar kalau terus-menerus bisa memikatnya 10 x doang, abis itu refleks tepar, yah, nggak hendak memberikan dampak yang buntal untuk kedepannya.

Lebih cantik menggunakan gendewa yang teratur saja, akan tetapi hasil simpulan dari pendidikan yang diterapkan, matang dengan sempurna.

Lung dengan rampasan 20-30 lbs juga sedang bagus mengapa, dan ruang yang siap dicapai sanggup sampai 20 meter, agaknya lebih.

Kan kalau hanya untuk sayembara indoor, kecuali sekedar 18 meter.

Coba-coba aja dulu punya pinjem punya temen, dan saksama.

Mana yang menurut Engkau cukup mudah, dan semua sanggup untuk menariknya cukup berjam-jam.

Tujuannya tidak lain supaya pendidikan yang dikerjakan lebih optimal kok.

Nah, ketika nanti Anda sudah mulai terbiasa, baru deh bisa coba-coba dinaikan sedikit demi sedikit draw weight–nya.

Dinaikan beserta kapasitas dibawah 5 lbs masih semua enak mengapa untuk penyesuaiannya.

Tidak mesti beli kok, salah saeorang dari aku sendiri pernah barter. Buktikan aja Memampangkan di toleran media, insyaalla ada saja setelah peminatnya.??

*Catatan, untuk standard bow, limbs yang tersedia mulai dari 18-40 lbs.

Untuk nambahnya kelipatannya, biasanya dari 2 lbs.

Biasanya orang2 yang trendi mulai memanah, menggunakan tarikan yang 24 lbs, itu pun pun mayoritas sedang gemeteran cocok menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *